Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik + Ulasan singkat

Bagikan pada teman :
Contoh Pendahuluan Makalah - Selamat datang di blog Kumpulan Contoh Makalah Mahasiswa dan salam kenal bagi para pengunjung baru yang sudah menyempatkan diri mampir di ini blog yang sederhana. Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi posting tentang Contoh Pendahuluan Makalah. Bilamana masih ada waktu luang sobat juga bisa membaca posting terdahulu yang membahas tentang "Contoh Makalah Bahasa Indonesia tentang Struktur Morfologis Bahasa Gaul “Paragram”".

Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik dan Benar


Sebelum membahas tema utama posting ini (Pendahuluan Makalah), ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami bagian-bagian pokok dalam makalah.

Bagian-bagian Makalah

Secara garis besar dalam penyususnan sebuah makalah, isi dan sistematika penulisan makalah terdiri atas tiga bagian pokok, yaitu: bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.

Pada bagian awal makalah ini, terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Halaman Sampul, Daftar Isi (secara umum baru diperlukan jika makalah lebih dari 15 halaman), Daftar Tabel dan Gambar (jika ada).

Selanjutnya, pada bagian inti makalah terdiri atas tiga unsur pokok, yaitu pendahuluan (yang juga terdiri dari beberapa bagian: latar belakang penulisan makalah, masalah atau topik bahasan beserta batasannya, dan tujuan penulisan makalah), teks utama, dan penutup.

Kemudian untuk bagian akhir makalah, di sini dimuat Daftar rujukan dan Lampiran (itu pun jika ada).

Contoh Pendahuluan

Ok. Saatnya kita ke pokok permasalahan. Berikut ini adalah contoh pendahuluan yang admin cuplikkan dari salah satu contoh makalah dengan judul "Generasi Muda Dan Bahaya Narkoba" yang sebelumnya sudah pernah admin pubikasikan melalui blog ini. Silakan dipelajari dan semoga bermanfaat.

A. Latar Belakang
Generasi muda adalah tulang punggung Bangsa dan Negara merupakan istilah yang sering kita dengar sehari-hari. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan sosial saat ini memerlukan panutan dan contoh yang dapat membawa masyarakat kita ke arah yang lebih baik. Terlebih lagi di era reformasi ini, generasi muda dituntut untuk lebih berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, generasi muda adalah tonggak keberlangsungan masa depan Indonesia. Mereka adalah harapan kita, sinar matahari yang akan memberikan warna bagi masa masa depan bangsa. Oleh karena itu, menjaga mereka agar tidak terpengaruh oleh bahaya Narkoba adalah kewajiban semua pihak.

Hasil survei membuktikan bahwa mereka yang beresiko terjerumus dalam masalah narkoba adalah anak yang terlahir dari keluarga yang memiliki sejarah kekerasan dalam rumah tangga, dibesarkan dari keluarga yang broken home atau memiliki masalah perceraian, sedang stres atau depresi, memiliki pribadi yang tidak stabil atau mudah terpengaruh, merasa tidak memiliki teman atau salah dalam pergaulan. Dengan alasan tadi maka perlu pembekalan bagi para orang tua agar mereka dapat turut serta mencegah anaknya terlibat penyalahgunaan narkoba.

Dampak dari penyalahgunaan narkoba sudah terbukti pada generasi kita. Dapat terlihat kerusakan fisik seperti: otak, jantung, paru-paru, saraf-saraf, selain juga gangguan mental, emosional dan spiritual, akibat lebih lanjut adalah daya tahan tubuh lemah, virus mudah masuk seperti virus Hepatitis C, virus HIV/AIDS. Oleh karena itu kita tidak akan rela jika generasi muda kita mengalami penderitaan di atas.

Dalam kurun waktu dua dasa warsa terakhir ini Indonesia telah menjadi salah satu negara yang dijadikan pasar utama dari jaringan sindikat peredaran narkotika yang berdimensi internasional untuk tujuan-tujuan komersial. Untuk jaringan peredaran narkotika di negara-negara Asia, Indonesia diperhitungakan sebagai pasar (market-state) yang paling prospektif secara komersial bagi sindikat internasioanl yang beroperasi di negara-negara sedang berkembang.

B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah generasi muda dan bahaya narkoba.

C. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bahaya narkoba terhadap generasi muda.

Itulah tadi posting tentang Contoh Pendahuluan Makalah. Semoga bermanfaat n jangan lupa sobat,,,,, klo ada waktu mampir lagi di blog Kumpulan Contoh Makalah Mahasiswa ini ya....!