Contoh Makalah Bahasa Jawa

Bagikan pada teman :
Berikut ini adalah posting tentang Contoh Makalah Bahasa Jawa yang membahas tentang "Upaya Bahasa Jawa Mengakomodasi Tulisan Ilmiah: Tanda-Tanda Impotensi atau Komplikasi?" disusun oleh sobat Djatmika (Universitas Sebelas Maret Surakarta). sebelumnya "Contoh Makalah Bahasa Daerah"

Upaya Bahasa Jawa Mengakomodasi Tulisan Ilmiah: Tanda-Tanda Impotensi atau Komplikasi?
Oleh: Djatmika
Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstrak

Makalah ini membahas kemampuan bahasa Jawa sebagai media penyampai wacana ilmiah. Fokus kajian diarahkan pada karakteristik yang menjadi kekuatan dan karakteristik lain yang menjadi kelemahan bahasa daerah itu di dalam perannya sebagai media penyampai wacana ilmiah tersebut. Artikel ilmiah Kesarasan dalam majalah mingguan berbahasa Jawa Panjebar Semangat dipilih sebagai sumber data untuk mendeskripsikan keberdayaan bahasa Jawa di dalam mengakomodasi pesan-pesan ilmiah yang disampaikan melalui teks-teks ilmiah di dalam majalah tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa bahasa Jawa sangat kering akan abstraksi dan istilah teknis ilmiah dalam banyak bidang ilmu yang dibahas di dalam tulisan ilmiah itu. Kelemahan ini sangat mempengaruhi keperkasaan bahasa ini dalam mengalurkan pesan ilmiah tanpa harus meminjam istilah teknis dan abstraksi dari bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) yang menjadi bahasa dari masyarakat tempat berkembangnya bidang ilmu tersebut. Oleh karena itu, tidak akan aneh manakala dalam sebuah teks sebenarnya bahasa ini hanya berperan menyumbangkan aspek gramatikalnya saja, sementara aspek leksikalnya semuanya meminjam dari bahasa asing. Sebagai contoh, kalimat berikut menunjukkan ketidakmampuan bahasa daerah ini: Bisa wae muncul pnemunia bakteri sekunder dening Streptococcus pneumoniae, haemophilus influenzae, utawa Staphylococcus aureus. Contoh ini menunjukkan banyaknya istilah atau kata yang harus diambil dari bahasa lain dikarenakan bahasa Jawa tidak mampu menyediakan untuk mengakomodasi makna yang diinginkan. Pada sisi lain, bahasa ini mempunyai kelenturan dalam meminjam dan menyesuaikan kata pinjaman dengan aturan morfologis bahasa Jawa. Banyak istilah teknis yang diambil dan disesuaikan dengan imbuhan bahasa Jawa, misalnya kata etimologine, variasine, eksistensine, dan sebagainya. Hasil ini selain menunjukkan impotensi bahasa Jawa juga mengisyaratkan semakin tidak populernya bahasa Jawa untuk mengakomodasi tulisan ilmiah di masa depan.

Kata Kunci: bahasa Jawa, impotensi, istilah teknis, abstraksi

1. Pendahuluan
Permasalahan tentang kemampuan bahasa Jawa mengakomodasi tulisan ilmiah merupakan bahasan yang argumentatif antara para pakar sosiolinguistik. Pada satu sisi, bahasa Jawa kurang dinamis dalam hal perkembangan kosa katanya terutama kosakata yang bersifat istilah teknis bidang-bidang ilmiah tertentu. Ketidak-dinamisan tersebut lebih disebabkan oleh sifat ketidak-dinamisan masyarakat Jawa sendiri sebagai pemilik dan pengguna bahasa Jawa. Sebagai masyarakat yang kurang produktif akan perkembangan dan kemajuan teknologi dan berbagai bidang ilmiah lainnya, penutur bahasa Jawa cenderung mengimpor sebagian besar peristilahan yang ada di dalam bidang-bidang tersebut. Sebagai akibatnya, apabila para penutur bahasa Jawa terlibat dalam pembahasan bidang-bidang itu, maka bahasa Jawa yang mereka gunakan akan banyak dihiasi oleh banyak istilah-istilah teknis yang diimpor dari bahasa dari masyarakat yang menemukan dan mengembangkan bidang-bidang ilmu itu. Dalam hal ini, bahasa yang paling banyak masuk dan mewarnai bahasa Jawa dengan istilahistilah teknis adalah bahasa Inggris.

Pada sisi lain, sebenarnya bahasa Jawa menunjukkan sifat lenturnya berkaitan dengan pengambilan istilah-istilah teknis dari bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Beberapa proses akuisisi istilah-istilah itu untuk menjadi bagian dari sistem bahasa Jawa menunjukkan bahwa meskipun masyarakat penutur bahasa ini tidak menemukan dan mengembangkan berbagai hal dalam bidang teknologi dan bidang ilmiah lain, bahasa mereka mempu tetap berkembang untuk tetap berupaya mengakomodasi tulisan atau pembahasan berkaitan dalam bidangbidang itu. Hanya saja tentu saja proses ini akan memberikan dampak yang dirasakan kurang bagus bagi perkembangan bahasa ini. Fenomena ini dibahas secara rinci dalam makalah ini dengan menampilan contoh-contoh yang ditemukan dalam sumber data.

2. Metodologi
Tiga artikel ilmiah dari majalah Panjebar Semangan edisi bulan Juli-Agustus 2009 diambil sebagai sumber data. Segala hal yang berkaitan dengan upaya bahasa Jawa mengakomodasi pembahasan ilmiah di dalam tulisan itu dianalisis dan dibahas untuk melihat perkembangan bahasa Jawa dalam mengakomodasi tulisan dan pembahasan ilmiah.

3. Kajian Pustaka
3.1 Bahasa Jawa
Bahasa ini merupakan rumpun bahasa Austonesia (Crystall, 1997; Wedhawati dan Laginem, 1981; Sudaryanto (ed.), 1991). Crystall lebih lanjut menjelaskan bahwa jumlah penutur bahasa ini diperkirakan sekitar 75 juta orang yang menyebar di pulau Jawa dan daerah lain di Indonesia, serta beberapa daerah di luar Indonesia seperti Malaysia, Suriname dan Kaledonia Baru. Daerah sebaran penutur yang sangat luas ini menyebabkan konsekuensi dari munculnya berbagai dialek geografis. Sementara itu, dilihat dari beranekanya lapisan masyarakat yang memakainya, sangat menonjol pula adanya perbedaan pemakaian yang dipengaruhi oleh usia pemakai. Perbedaan yang menonjol ini tampak jelas manakala mereka menerapkan unggah-ungguh di dalam berbahasa Jawa. Salah satu bentuk unggah-ungguh yang sangat penting adalah pemilihan ragam tingkat Bahasa Jawa (ngoko, krama madya, krama inggil) di dalam berkomunikasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya kelas sosial, usia, jenis kelamin, topik pembicaraan, dan lain sebagainya. Lebih jauh, perbedaan yang menonjol itu sesekali diperlemah; akan tetapi, sesekali justru diperkuat manakala Bahasa Jawa dipergunakan oleh dua generasi usia, tua dan muda, di dalam konteks profesi, lingkungan sosial, pokok pembicaraan, dan tujuan tertentu. Di dalam konteks yang tidak memprasyaratkan perbedaan tua-muda di dalam berbahasa, maka perbedaan ini diperlemah, misalnya di dalam karya sastra, berceramah di muka umum, mengurai gagasan di majalah atau surat kabar, dan sejenisnya. Adapun di dalam konteks yang memprasyaratkan perbedaan tua-muda dalam berbahasa maka perbedaan tersebut akan diperkuat, misalnya dalam lembaga pendidikan tertentu, di lembaga kenegaraan tertentu, dan di dalam keluarga tertentu
(Sudaryanto (ed.), 1991).

3.2 Register Tulisan Ilmiah
Salah satu jenis variasi bahasa Jawa yang mempunyai ciri dan perilaku yang menarik adalah bahasa Jawa untuk tulisan ilmiah. Pada dasarnya setiap bahasa bisa digunakan sebagai bahasa pengantar sebuah tulisan ilmiah, demikian pula dengan bahasa Jawa. Namun demikian kekuatan sebuah bahasa untuk mengakomodasi sebuah tulisan ilmiah itu sangat berkaitan dengan konteks budaya dan konteks sosial dari masyarakat pengguna bahasa tersebut dan masyarakat tempat bahasa itu berkembang. Apabila dinamika perkembangan sebuah masyarakat itu lebih condong ke bidang pertanian, maka tentu saja bahasa yang digunakan oleh masyarakat itu akan sangat kaya akan segala hal yang berkaitan dengan bidang ini. Fenomena ini akan terjadi dengan pola yang sama untuk dinamika perkembangan pada bidang lain.

Dinamika perkembangan yang terjadi dalam masyarakat Jawa pada umumnya lebih berkaitan dengan aspek budaya dan seni daripada dengan aspek ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan lebih banyak terjadi di luar masyarakat ini dan mereka hanya berlaku sebagai pengguna segala hal yang sudah terjadi dan digunakan oleh masyarakat lain. Oleh karena sifat masyarakat Jawa yang lebih cenderung konsumtif akan segala perkembangan ilmu pengetahuan daripada inovatif, maka bahasa mereka pun pada akhirnya berkembanga secara konsumtif terhadap semua perkembangan ilmu pengetahuan. Pada giliran selanjutnya, manakala bahasa ini akan digunakan sebagai pengantar sebuah wacana ilmiah maka bahasa ini terlihat impotent dan menunjukkan gejala komplikasi untuk dapat menyebut bahasa daerah ini pada kondisi sakit yang apabila kondisi ini berlangsung terus tidak mustahil bahasa ini akan mati. Tulisan ini melihat sejauh mana kemampuan bahasa Jawa yang terjadi di dalam mengakomodasi artikel ilmiah yang dimuat di dalam majalah berbahasa Jawa Panjebar Semangat.

4. Hasil dan Pembahasan
Ciri-ciri kelemahan dan kekuatan bahasa Jawa yang ditemukan dalam tulisan ilmiah Kesarasan dalam majalah Panjebar Semangat merupakan bukti terjadinya kondisi impotensi dan juga komplikasi dari bahasa Jawa dalam mengakomodasi tulisan ilmiah. Kedua kondisi tersebut ditunjukkan oleh ketidakberdayaan bahasa daerah ini dalam menyediakan istilahistilah padanan untuk berbagai macam istilah teknis yang diperlukan untuk mengemukakan ide-ide ilmiah. Berangkat dari kondisi ini, maka jalan yang diambil penulis artikel dalam mengemukakan ide-ide itu adalah dengan meminjam istilah-istilah teknis secara utuh dari bahasa sumbernya (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), misalnya dalam kalimat: Lha yen secara terminologi (peristilahan) pengertene influensia kuwi piye? . Kelemahan lain yang ditunjukkan oleh bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar tulisan ilmiah ditunjukkan oleh peminjaman ekspresi definisi dari bahasa lain untuk mendefinisikan konsep-konsep ilmiah, misalnya: Penyakit influenza bersifat akut yang disebabkan oleh virus, ditandai dengan demam, radang selaput lendir saluran napas atau saluran cerna, mungkin melibatkan otak, sehingga terjadi nyeri kepala dan gejala-gejala mental (yang amat menjengkelkan). Kekhawatiran tingkat popularitas istilah bahasa jawa juga menjadikan penulis artikel menyediakan istilah/konsep pinjaman dari bahasa lain untuk membantu pembaca memahami istilah konsep ilmiah yang diungkapkan dalam bahasa Jawa, sebagai contoh: Influensa tipe C dumadine ora ajeg (sporadis) virus tipe C.

Namun demikian, kondisi impoten ini kemudian berlanjut menjadikan kondisi komplikasi bagi bahasa ini. Hal ini sebenarnya sudah berusaha dikurangi oleh sifat lentur bahasa Jawa dalam mengakomodasi semua kata pinjaman dengan aturan dan kaidah yang luwes, misalnya dengan akomodasi kaidah fonologis dan morfologis bagi kata-kata pinjaman seperti dalam contoh sebagai berikut: Mangkono mau etimologine tembung Influensia kasebut.... .

Akan tetapi pada akhirnya tetap saja di dalam banyak kontruksi kalimat bahasa Jawa hanya mampu menyumbang elemen gramatikal di dalam struktur kalimat yang dibuat; bagian lain yang lebih penting perannya diambil oleh semua kata pinjaman dari bahasa lain baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Bahkan untuk mengungkapkan definisi konsepkonsep ilmiah, bahasa Jawa di dalam tulisan ini sama sekali tidak berdaya dan tidak berfungsi. Penulis selalu mengutip definisi konsep-konsep ilmiah tersebut secara utuh di dalam bahasa aslinya. Fenomena ini juga merupakan kelemahan dari bahasa Jawa. Temuan ini menunjukan pola perkembangan dan kondisi bahasa Jawa yang sejalan dengan pernyataan Suwanto (dalam presentasi KLN X di Bali 2002) bahwa banyak istilah yang berkaitan dengan nama-nama alat rumah tangga yang hilang dari bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan oleh masuknya alat-alat rumah tangga modern yang hanya diimpor oleh masyarakat Jawa, sehingga bahasa Jawa tidak mampu mengakomodasi untuk memberikan nama alat-alat modern itu dalam bahasa Jawa.

5. Penutup
Sifat masyarakat Jawa yang cenderung tidak dinamis dan tidak inovatif membuat masyarakat ini menjadi orang-orang yang hanya mengambil dan menggunakan hasil dari perkembangan ilmu dan teknologi yang terjadi di luar masyarakat Jawa. Fenomena ini mempengaruhi pula pada perkembangan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu dari masyarakat tersebut. Karena hanya berperan sebagai pengguna dan bukan pembuat, maka masyarakat Jawa cenderung mengambil peristilahan yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi untuk digunakan di dalam berinteraksi dengan menggunakan bahasa Jawa. Lambat laun perkembangan model ini menjadikan bahasa ini tidak mampu dan tidak berdaya dalam mengakomodasi tulisan ilmiah. Dengan kata lain ciri-ciri kebahasaan tulisan ilmiah di dalam tulisan ini menunjukkan terjadinya komplikasi pada bahasa Jawa sehingga bahasa ini menjadi impoten untuk bisa digunakan mengungkapkan berbagai ekspresi ilmiah. Tentu saja strategi dan kebijakan tertentu perlu dipikirkan untuk memperbaiki kondisi ini.

DAFTAR PUSTAKA:
  1. Crystal, D. 1997. The Cambridge Encyclopedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
  2. Sudaryanto (ed.). 1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
  3. Suwanto, Yohanes. 2002. Istilah Alat-Alat Rumah Tangga dan Perkembangan di Kodia Surakarta. Makalah disajikan dalam KLN MLI X Denpasar Bali, Juli 2002.
  4. Thomas, L dan Wareing, S. 2001. Language, Society and Power. New York: Routledge.
  5. Wedhawati dan Laginem. 1981. Beberapa Masalah Sintaksis Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
sumber: http://sastra.um.ac.id

Itulah tadi artikel tetang Contoh Makalah Bahasa Jawa yang membahas tentang "Upaya Bahasa Jawa Mengakomodasi Tulisan Ilmiah: Tanda-Tanda Impotensi atau Komplikasi?". semoga ada guna dan manfattnya. wassalam