Contoh Makalah tentang Software

Bagikan pada teman :
Selamat datang di blog Kumpulan Contoh Makalah Mahasiswa dan salam kenal bagi para pengunjung baru yang sudah menyempatkan diri mampir di ini blog yang sederhana. Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi posting Contoh Makalah tentang Software. Bilamana masih ada waktu luang sobat juga bisa membaca posting terdahulu yang membahas tentang "Pengertian Khulafaur Rasyidin".

Seperangkat hardware yang membentuk sebuah PC (komputer) lengkap tidak dapat bekerja tanpa software di dalamnya. Software ini yang mengontrol seluruh jalannya perangkat keras yang ada.

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan Perangkat lunak (Software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Ada beberapa jenis program komputer yang digolongkan dalam software, yaitu operating system, program aplikasi, dan driver hardware.

Operating System

Operating system atau biasa disebut dengan sistem operasi komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer.

Fungsi sistem operasi antara lain untuk manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara, dan sebagainya. Pendek kata, sistem operasi ini mengontrol seluruh hal yang terjadi dalam operasional sebuah komputer.

Ada banyak macam sistem operasi yang dipakai untuk berbagai keperluan. Masing-masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Berikut macam-macam sistem operasi yang ada :
  • Microsoft DOS (Disk Operating System).
  • Microsoft Windows (Win 3.1, Win 95, Win 98, Win 98 SE, Win 95 For Workgroup, Win ME, Win NT 4.0, Win 2000 Professional, Win 2000 Server, Win XP, Win 2000 Adavanced Server, Win 2000 Data Center Server).
  • Linux (SuSE, RedHat, Caldera, Mandrake, Debian, Corel Linux, Slakewave, dsb).
  • Mac OS.
  • IBM O/S 2 Warp.
  • UNIX (Sun Solaris, AIX, SCO, dsb).

Program Aplikasi

Program aplikasi atau biasa disebut dengan aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi, dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu untuk meningkatkan produktivitasnya.

Ada banyak sekali jenis aplikasi, di antaranya :
  • Aplikasi bisnis dan perkantoran.
  • Aplikasi untuk hiburan dan entertainment.
  • Aplikasi untuk komunikasi.
  • Aplikasi grafis dan multimedia.
  • Aplikasi teknik (CAD/CAM).
  • Aplikasi untuk utility dan anti virus.
  • Aplikasi untuk pemrograman komputer.
  • Aplikasi server.
Aplikasi bisnis dan perkantoran didominasi oleh Microsoft Office. Microsoft Office ini memiliki kumpulan aplikasi yang sangat familiar dengan pengguna, yaitu Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, Ms Access, Ms Outlook, dan Ms Publisher. Sedangkan aplikasi bisnis yang berjalan pada Linux antara lain Star Office dan K-Office.

Untuk aplikasi hiburan dan entertainment kita kenal dengan Windows Media Player, WinAm, Jet Audio, XingMPEG, dan sebagainya.

Aplikasi untuk komunikasi, kita kenal dengan MiRC, Ms Netmeeting, Ms Outlook Express, ICQ, dan sebagainya.

Aplikasi grafis dan multimedia, kita mengenal Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Freehand, ACDSee, dan sebagainya.

Aplikasi teknik, kita kenal Ms Visio, AutoCAD, dan sebagainya.

Aplikasi untuk utility dan anti virus, kita mengenal Norton Utility, Norton Antivirus, McAfee Virus Scan, dan sebagainya.

Aplikasi untuk pemrograman komputer, kita kenal Visual Basic, Delphi, C++, dan sebagainya.

Aplikasi server, kita kenal Ms Personal Web Server, IIS untuk Win NT dan Win 2000, Ms Exchange untuk mail server, Apache Web Server, dan sebagainya.

Driver Hardware

Driver hardware atau lebih dikenal sebagai driver, adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat hardware dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Driver dibuat oleh produsen pembuat hardware.

Misalnya perusahaan pembuat printer, mereka tidak hanya membuat printer saja, tapi sekaligus membuat driver untuk printer-printer produksi mereka. Setiap hardware yang dijual, selalu disertai dengan driver buatan pabriknya.

Tanpa driver, sebuah hardware tidak dapat dikontrol dari PC.

Itulah tadi ulasan singkat tentang Software. Semoga bermanfaat n jangan lupa sobat,,,,, klo ada waktu mampir lagi di blog Kumpulan Contoh Makalah Mahasiswa ini ya....! Wassalam..